Monday, February 6, 2017

Short Escape ke Hotel Tiara Bunga, Balige

Hi onliners, ini postingan pertama yang agak ringan setelah sebelumnya ada review dua buku yang buat kepala agak "mumet" kalau bahasa gahul nya .. Dan ini pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Ceritanya sekitar setahun yang lalu di bulan Desember tepatnya, saya bersama teman-teman kost "Sehati 10" merencanakan liburan tetapi niatnya hanya mau sekitar Sumatera Utara aja karena hanya punya waktu libur yang singkat. Setelah coba cari di internet, akhirnya pilihan jatuh pada Tiara Bunga Hotel yang ada di Balige, Sumatera Utara karena terinspirasi dari film Toba Dream.

Karena saya yang tahu persis tentang hotel selaku anak hotelier, maka semua yang urus akomodasi nya ya mau gak mau harus saya. Saya booking via call dan booking untuk dua kamar dengan request kamar yang view nya ke kolam renang, extra bed dan bersampingan. Pihak hotel nyuruh kita untuk transfer ke rekening mereka pembayaran satu malam sebagai jaminan sebesar Rp. 525.000/kamar/malam/termasuk sarapan dua orang dan harga extra bed Rp. 210.000.

Hotel Tiara Bunga, Balige


Sampai di hari H, kami berangkat dari Medan naik bus umum menuju kota Balige sekitar 5 jam perjalanan dengan view Danau Toba yang cukup menarik mulai dari Parapat dan seterusnya. Kami sampai di Balige sekitar pukul 1 siang dan langsung menuju Hotel Ompu Herti. Hotel ini sepertinya satu manajemen dengan hotel yang kami tuju karena di hotel ini kami disuruh registrasi untuk kapal penyebrangan menuju Tiara Bunga Hotel. Kami berangkat sekitar pukul 2 siang dan 30 menit kemudian sampailah di hotel yang kami tuju. PS: yang bawa kendaraan sendiri boleh titipin kendaraan nya di Hotel Ompu Herti ini, lho! 

Menunggu Kapal Penyebrangan di Hotel Ompu Herti
Kapal Penyebrangan
Kami turun dari kapal dan langsung check in ke bagian receptionist yang berada di atas dan harus naik tangga tetapi gak sia-sia karena view nya langsung ke Danau Toba.

View di depan receptionist hotel lobby

Seperti yang kami request sebelumnya, kami mendapatkan kamar yang berdampingan dan dengan view yang luar biasa. Dari balkon kamar, kami dapat melihat indahnya ciptaan Tuhan yang merupakan salah satu keajaiban dunia, Danau Toba ditambah lagi dengan kolam renang utama yang cukup luas dan langsung menghadap ke danau.

Balkon Kamar

Setelah makan siang dan istirahat sebentar, kami langsung buru-buru turun ke bawah menikmati kolam renang dengan view yang luar biasa dan serasa hotel sendiri karena belum banyak orang yang tahu tentang keindahan hotel ini. Berenang, bercanda, menikmati view sambil selfie dan wefie tentunya akhirnya gak terasa udah jam 7 sore kami naik ke kamar dan beres-beres buat cari makan malam. 

Kolam Renang Utama

View dari balkon kamar
Karena hotelnya terletak di tengah danau, gak ada pilihan lain selain makan di restaurant hotel yang letaknya agak jauh dari posisi kamar kami dan kebetulan hujan turun yang buat perut makin keroncongan karena cuaca cukup dingin. Untungnya si mbak receptionist punya payung yang bisa dipakai sementara dan mereka bilang ada karaoke juga loh, mbak! wahh,, semakin semangat walaupun hujan badai diluar,,, maklum, orang batak hobby nyanyi.,.hehehe

Restaurant nya gak punya banyak pilihan menu tetapi karena di daerah dingin apa aja rasanya enak plus minuman panas yang menghangatkan badan. Setelah selesai makan, kami langsung pasang badan karaoke sepuasnya di dalam restaurant yang sama. Cukup lah untuk buat suara serak dan melepaskan kepenatan dari kota Medan. PS: Kami karaoke sampai jam 12 malam. hehehe,,,

Tempat Karaoke
Kembali ke kamar masing-masing, tarik selimut dan tidur dengan pulasnya sampai jam 7 pagi. Kami sarapan di restaurant yang sama tempat makan malam, tetapi view nya lebih bagus pagi karena cuaca cerah, udara sejuk, makan pagi dengan view yang lagi-lagi menghadap ke danau. Ah, indahnya pagi itu...

View di depan restaurant sarapan pagi
Selesai sarapan, kami menuju ke kamar dan dalam perjalanan ke atas kami ngelihat sebuah kapal yang terikat ke pinggir danau dan ternyata itu kapal sejenis speed-boat yang dipakai untuk syuting film Toba Dream. Dengan sigap langsung ambil kamera dannn selfie, wefie lagiii... view nya serasa di Bali atau Lombok.


Jam 12 siang kami check-out dan berangkat menggunakan kapal penumpang milik hotel menuju pelabuhan Hotel Ompu Herti kembali sambil menikmati ombak danau yang menggoda dan angin sepoi-sepoi yang buat mata susah kebuka. hehehe..

30 menit kemudian, sampai di kota Balige lagi dan menuju salah satu museum Batak yang terkenal di sana, TB Silalahi Centre karena kita dapat tiket gratis masuk ke museum itu dari hotel Tiara Bunga include di harga kamar.
Museum TB Silalahi Centre
Museumnya cukup menarik dengan view danau toba dari kejauhan dan beberapa budaya batak yang di jaga dengan baik. Lumayan untuk menambah wawasan sejarah anak muda khususnya selaku generasi muda batak toba yang wajib mengenal budayanya.

Museum TB Silalahi Centre
Setelah selesai keliling museum, kami menuju loket bus Balige - Medan dan sampai di Medan sekitar jam 9 malam. What a nice short escape with my girls!

Sehati Girls


7 comments:

  1. Perjalanan yang sangat menarik sekali.
    BTW, kalau boleh kasi masukan, tampilan blog nya mgkn perlu untuk dibenahi lagi x ya kak. biar makin cakep hehe

    ReplyDelete
  2. Wah seru sekali kak.
    Cerita perjalanan yang masih di Sumut namun nuansanya begitu menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. Sumut emang banyak tempat menarik kok... cuma belum di explore ajahh,,,

      Delete
  3. Replies
    1. jalan- jalan donk jangan kebanyakan di Medan muluuu,,,

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. hi, ada nomor kontak hotel ini? thanks

    ReplyDelete